Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor

Dalam sebuah kendaraan, tentunya baterai menjadi komponen yang sangat penting yang memiliki peran sebagai sumber tenaga listrik pada kendaraan. Ini termasuk mobil.




Berbagai langkah biasanya dilakukan oleh pemilik mobil untuk menjaga agar aki mobil awet dan tidak mudah rusak.


Wajar saja, untuk penggantian aki mobil sendiri memiliki harga yang mahal sehingga mengharuskan pemiliknya mengeluarkan uang untuk menggantinya jika aki tidak bisa diperbaiki atau rusak parah.

 

Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik mobil tentunya harus merawat aki mobil dengan baik agar awet dan tahan lama.

 

Diantara langkah perawatan tersebut adalah dengan mengidentifikasi berbagai faktor penyebab kerusakan baterai yang cepat boros.


Jadi, dengan mengenali faktor pemicunya, tentunya Anda bisa menghindari beberapa hal yang berpotensi membuat aki mobil cepat rusak.


Pada pembahasan kali ini Mas Sena akan berbagi informasi terkait faktor penyebab aki mobil sering korsleting sebagai salah satu langkah dalam merawat atau merawat aki pada kendaraan roda empat anda.


Berbagai permasalahan pada aki mobil tentunya membuat setiap pemilik kendaraan roda empat berusaha untuk menjaganya agar aki tetap awet.


Hanya saja terkadang beberapa aktivitas mereka seringkali tidak disadari menjadi penyebab rusaknya aki mobil. Berikut beberapa penyebab kerusakan aki mobil.


Mencegah Kerusakan Aki Mobil


Mesin Mobil Jarang Dipanaskan

Memanaskan mesin mobil secara rutin merupakan salah satu kunci utama yang perlu Anda lakukan secara rutin agar aki awet dan tahan lama.


Bukan tanpa alasan karena baterai tidak mendapatkan suplai listrik yang cukup sehingga membuat kapasitas baterai kurang optimal.

 

Oleh karena itu, tentunya Anda juga disarankan untuk membawa mobil untuk bepergian minimal seminggu sekali.


Langkah seperti ini tentunya untuk menjaga agar asupan listrik ke baterai selalu optimal, yang otomatis membuat umurnya lebih panjang.


Intensitas Tinggi Penggunaan Mobil

Tidak berhenti sampai di situ, mobil yang sering digunakan untuk traveling juga bisa menyebabkan baterai cepat habis.


Apalagi jika intensitas perjalanan untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Jadi, kondisi seperti ini bisa meningkatkan potensi kerusakan pada baterai.


Secara sistemik, mobil yang digunakan terus menerus akan membutuhkan daya listrik yang besar.


Dari hal tersebut tentunya otomatis baterai akan bekerja terlalu ekstra yang selanjutnya akan semakin mengurangi umur atau umurnya.


Mengenai hal ini, perlu Anda pahami bahwa semua komponen mobil memang memiliki masa pakai, dan akan cepat rusak jika digunakan terus menerus.

 

Jika memang intensitas penggunaan mobil yang tinggi tidak bisa dihindari, Anda bisa mengakalinya dengan mengistirahatkan mobil sejenak.


Setidaknya satu hari penuh untuk mengembalikan performa kelistrikan aki mobil agar aki dalam memberikan arus listrik tidak bekerja terlalu ekstra.


Perubahan Baterai Terlambat

Di sisi lain, penyebab aki mobil mudah rusak dan overdrawing juga bisa dipicu oleh masalah aki yang mulai kehabisan cairan aki. Ini khusus untuk mobil yang menggunakan baterai tipe basah.


Walaupun memiliki kelebihan dari segi perawatan dan daya tahannya dibandingkan aki kering, namun jika Anda terlambat mengisi cairan aki justru akan mempercepat potensi aki menjadi boros dan rusak.


Jika kondisi aki basah yang cairannya sudah habis dibiarkan begitu saja, aki bisa terendam, sehingga sangat disarankan untuk selalu mengecek air aki sebelum bepergian.


Untuk itu, selalu periksa kondisi baterai sebelum bepergian. Apalagi bagi Anda yang merupakan pemilik mobil tua, tentunya baterai sangat rentan untuk tiba-tiba habis atau habis.

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor"

SUBSCRIBE FOR EMAIL